Minggu, 13 Mei 2012

Perbedaan Teknologi Internet dan Intranet

A. Pengertian Internet

Internet (Intercenneted  network) atau lebih  dikenal  dengan  sebutan internet  adalah  sebuah  sistem komuniasi  global  yang menghubungkan  komputer-komputer  dan  jaringan-jaringan  komputer  di seluruh dunia. Setiap  computer  dan  jaringan  terhubung  secara langsug  maupun  tidak  langsung  ke  beberapa  jalur utama  yang  disebut  internet  backbone  dan  dibedakan satu  dengan  yang  lain  menggunakan  unique  name yang  bisa  disebut  alamat  IP 32 bit. Contoh 202.133.81.6
Cara koneksi internet :
1.   mendaftarkan  diri  ke ISP (internet service provider)
2.   lewat  modem  dial  up (telepon)
3.   Dengan  GPRS  melalusi  ponsel
Internet   yang  berasal  dari  kata Interconnection   Networking  yang mempunyai arti hubungan  komputer  dengan  berbagai  tipe  yang membentuk  sistem  jaringan  yang  mencakup seluruh   dunia ( jaringan komputer global ) dengan melalui  jalur  telekomunikasi  seperti  telepon,  radio  link,  satelit  dan  lainnya.
 Dalam  mengatur  integrasi  dan  komunikasi jaringan  komputer  ini  digunakan  protokol  yaitu TCP/IP. TCP  ( Transmission Control Protocol ) bertugas  memastikan  bahwa  semua  hubungan Bekerja  dengan  benar,  sedangkan IP (Internet Protocol)   yang  mentransmisikan  data  dari  satu komputer  ke  komputer lain.
TPC/IP  secara umum berfungsi  memilih  rute terbaik  transmisi  data,  memilih  rute  alternative  jika suatu  rute  tidak  dapat  digunakan,  mengatur  dan mengirimkan  paket-paket  pengiriman data.
Untuk  dapat  ikut  serta  menggunakan  fasilitas Internet,  biasanya  Anda  harus  berlangganan  ke salah satu  ISP ( Internet Service Provider )  yang ada di kota Anda.
ISP ini biasanya disebut  penyelenggara  jasa internet  ataupun Anda dapat menggunakan  fasilitas dari  Telkom  yakni  Telkomnet Instan.

Fasilitas Internet :
Fasilitas-Fasilitas  yang  dapat di manfaatkan dengan menggunakan internet,  diantaranya  :
1.  Web,  adalah  fasilitas  hypertext  untuk menampilkan  data  berupa  teks,  gambar,  bunyi, animasi  dan  data  multimedia  lainnya,  yang  diantara data  tersebut  saling  berhubungan  satu sama lain. Untuk  memudahkan Anda  membaca data dan informasi  tesebut Anda dapat mempergunakan web browser  seperti  Internet  Explorer  ataupun  Netscape.
2.  E-Mail (Electronic Mail),  dengan  fasilitas  ini  Anda dapat  mengirim  dan  menerima  surat  elektronik  (e-mail) pada/dari  pemakai  komputer  lain yang terhubung di internet,  dan  dapat  menyertakan  file sebagai  lampiran (attachment).
3. Newsgroup,  fasilitas  ini  digunakan  untuk mendistribusikan  artikel,  berita,  tanggapan,  surat, penawaran  ataupun  file  ke  pemakai  internet  lain yang  tergabung  dengan  kelompok  diskusi   untuk topik  tertentu.
Dengan  fasilitas  ini  pula  Anda  dapat  melakukan diskusi,  seminar  ataupun  konferensi  dengan  cara elektronik  tanpa  terikat  waktu,  ruang  dan  tempat.
 4. FTP  (File Transfer Protocol),  fasilitas ini  digunakan untuk menghubungkan ke server computer  tertentu dan bila  perlu  menyalin/mengambil/menerima (download) file/data  yang Anda  butuhkan dari server tersebut dan menyimpannya di komputer Anda. selain itu FTP  berguna  untuk  mengirim (Upload) file/datadari  komputer  clien ke komputer server.

Istilah-Istilah Yang Sering Digunakan dalam Internet, diantaranya yaitu:
  - WWW (World Wide Web),  merupakan  kumpulan web  server  dari  seluruh  dunia  yang  berfungsi menyediakan  data  dan  informasi  untuk  digunakan bersama.  Berbagai  informasi  dapat  Anda  temukan pada  WWW , seperti  informasi  politik,  ekonomi, sosial,  budaya,  sastra,  sejarah,  teknologi,  pendidikan dan sebagainya. Kita  dapat  mengumpamakan WWW ini  merupakan  perpustakaan  besar  yang  menyediakan  berbagai  informasi  yang  dibutuhkan.
  - Web Site (Situs Web),  merupakan  tempat penyimpanan  data  dan  informasi  dengan  berdasarkan  topic  tertentu. Diumpamakan  situs Web ini adalah  sebuah buku yang berisi  topik  tertentu.
  - Web Pages (Halaman Web),  merupakan  sebuah halaman  khusus dari situs Web tertentu.  Diumpamakan halaman Web ini  adalah sebuah halaman  khusus  buku dari situs Web tertentu.
  - Homepage (Halaman Depan),  merupakan  sampul halaman  yang  berisi  daftar  isi  atau  menu  dari sebuah  situs Web.
  - Browser,  merupakan  program  aplikasi  yang digunakan  untuk  memudahkan Anda  melakukan navigasi  berbagai  data dan  informasi pada WWW. ex. Browser : Mozilla, Opera dan IE

Manfaat internet :
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet .
Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet :
1. Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.
2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.


B. Pengertian Intranet

 Intranet  adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan luar ke Internet untuk berfungsi secara benar.
 Intranet menggunakan semua protocol TCP/IP Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan Internet", atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.
Jika sebuah badan usaha / bisnis / institusi mengekspose sebagian dari internal jaringannya ke komunitas di luar, hal ini di sebut ekstranet.
Memang biasanya tidak semua isi intranet di keluarkan ke publik untuk menjadikan intranet menjadi ekstranet. Misalnya kita sedang membeli software, buku dll dari sebuah e-toko, maka biasanya kita dapat mengakses sebagian dari Intranet toko tersebut.
Badan usaha / perusahaan dapat memblokir akses ke intranet mereka melalui router dan meletakan firewall. Firewall adalah sebuah perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur akses seseorang kedalam intranet. Proteksi dilakukan melalui berbagai parameter jaringan apakah itu IP address, nomor port dll.
Jika firewall di aktifkan maka akses dapat dikontrol sehingga kita hanya dapat mengakses sebagian saja dari Intranet perusahaan tersebut yang kemudian dikenal sebagai extranet.

Kegunaan  Intranet ;
Dasarnya perangkat lunak aplikasi yang digunakan di Intranet tidak berbeda jauh dengan yang digunakan di Internet. Di Intranet digunakan Web, e-mail dll. persis seperti yang digunakan di Intranet.
WARNET sebetulnya intranet yang sangat sederhana sekali, kebetulan tidak ada content yang khusus / spesifik yang internal di warnet tsb.
Web dengan perangkat database di belakangnya, biasanya merupakan alat bantu paling potensial untuk melakukan 2 hal utama yaitu:
1. Membuat perusahaan / institusi menjadi semakin effisien, pendekatan yang dilakukan disini biasanya membuat system informasi manajemen yang berbasis Web & database.
Cukup banyak rasanya orang di Indonesia yang mengerti masalah MIS ini. Jika MIS / ERP perusahaan telah ditata dengan baik langkah selanjutnya biasanya mengarah ke e-commerce (dagang melalui Internet). Perlu dicatat bahwa sebaiknya jangan masuk terlalu jauh ke e-commerce jika system backoffice MIS / ERP perusahaan tsb belum siap, karena akan tampak sekali cacatnya.
2. Membuat perusahaan / institusi menjadi semakin kompetitif di dunia-nya. Bahkan jika mungkin menjadi pemimpin dalam usahanya. Membuat sebuah badan menjadi kompetitif hanya mungkin dilakukan jika kita dapat mengolah secara baik sumber daya manusia & sumber daya pengetahuan yang ada di internal badan / perusahaan tersebut. Ilmu / konsep yang berkaitan dengan hal ini adalah konsep knowledge management.
Dasarnya adalah bagaimana kita melakukan percepatan proses daur ulang, analisis, sintesa dari pengetahuan baik itu yang bersifat implicit maupun eksplisit.
Masih jarang ahli di Indonesia yang menguasai teknik tsb, sebetulnya yang paling baik proses penguasaan teknik ini adalah para pustakawan.

Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet .
Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet :
1. Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.
2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
Intranet  merupakan sebuah jaringan yag dibangun berdasarkan teknologi internet yang didalam nya terdapat basis arsitektur berupa aplikasi web dan teknoogi komunikas data.
Intranet juga menggunakan protokol TCP/IP. Protokol ini memungkikan suatu komputer mengirim dan memberi alamat data ke komputer lain sekaligus memastikan pengiriman data sampai tujuan dengan tanpa kurang apa pun.
Intranet berkembang pesat di Amerika – Netscape (13/11/1995) melaporkan bahwa sebagian besar penjualan server ke perusahaan di amerika di gunakan untuk intranet.
Di Indonesia intranet telah digunakan oleh beberapa perusahaan walaupun, terbatas pada perusahaan komputer, dan indstri besar lainnya.
Hal ini menjadikan intranet benar-benar berdiri secara independen. Hal lain yang membedakan internet dengan intranet adalah dari sisi penggunaannya. Aplikasi dan informasi intranet ditujukan bagi kalangan dalam suatu organisasi itu sendiri sementara informasi di suatu situs internet ditujukan bagi kalangan umum.

Dalam suatu institusi perpustakaan intranet banyak digunakan untuk:
1.  OPAC (online public catalouge) atau katalog online yang dapat diakses di seluruh raungan perpustakaan yang terhubung dengan jaringan
2.  membrikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna, contohnya jurnal kedok teran online medica hanya bisa di akses di perpustakaan kedokteran.
3.  informasi sistem service, dll
4.  Sistem sirkulasi online
Komponen pembentuk intranet
Komponen pembentuk intranet pada dasarnya sama dengan komponen pembentuk internet, seperti:
1.  aplikasi browser ( internet exploler, opra, mozilla firefox, netscape)
2.  komputer server
3.  perangkat jaringan
4.  protokol TCP/IP
5.  bahasa pemrograman (html, php, mysql , dll)
6.  komputer client
7.  perangkat bantu pengembang yang perlu ditambahkan dalam intranet apabila sebagianinformasi organisasi tersebut ingin diekspose agar dapat di akses jaringan luar (internet) adalah firewall dan router (intranet ini akan menjadi ekstranet).

PERBEDAAN INTERNET, INTRANET
Internet :
Merupakan komunikasi jaringan komunikasi global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun beda sistem operasi dan mesin.
Intranet :
Adalah sebuah jaringan koputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet, hanya saja digunakan dalam internal perusahaan atau kantor dengan aplikasi berbasis web dan teknologi komunikasi data seperti internet ( bahkan warung internet (warnet) dapat dikategorikan sebagai intranet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar